Sekolah : SMA
NEGERI 1 JATIBARANG
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/II
Materi Pokok : Kingdom Plantae
Subbab :
Bryophyta dan Pteridophyta
Alokasi Waktu : 3 JP x 45 menit (1 pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
KI-3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan dan
metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan
di bumi.
|
3.8.1 Menjelaskan ciri-ciri tubuh, cara hidup,
habitat, reproduksi tumbuhan lumut, paku, dan tumbuhan berbiji.
3.8.2 Membandingkan ciri-ciri umum divisi dalam
kingdom Plantae (tumbuhan) melalui pengamatan
3.8.3 Mengklasifikasikan berbagai jenis tumbuhan di
lingkungan sekitar berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
|
4.8
Menyajikan data hasil pengamatan
dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peran tumbuhan dalam
kelangsungan hidup di bumi
|
4.8.1. Membuat
laporan tertulis hasil kegiatan pengamatan berbagai jenis tumbuhan di
lingkungan sekitar berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
4.8.2.
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan.
|
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri tubuh, cara hidup, habitat, reproduksi tumbuhan lumut,
paku.
2.
Siswa
dapat membandingkan ciri-ciri umum divisi dalam kingdom Plantae (tumbuhan) melalui pengamatan.
3.
Siswa
dapat mengklasifikasikan berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar
berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
4.
Siswa
dapat membuat laporan tertulis hasil
kegiatan pengamatan berbagai jenis tumuhan di lingkungan sekitar berdasarkan
pengamatan ciri-cirinya.
5.
Siswa
dapat mempresentasikan laporan hasil pengamatan.
C. Materi
Pembelajaran
Plantae
·
Pengertian
tumbuhan
·
Tumbuhan
lumut
·
Tumbuhan
paku
D.
Strategi Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Pengamatan, Diskusi, Presentasi, dan
Penugasan
Model : Inquiry
E.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator:
-
Menjelaskan ciri-ciri tubuh, cara hidup, habitat,
reproduksi tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1. Memberi salam
2. Mengkondisikan kelas dan siswa diminta untuk mengecek kebersihan kelas,
minimal di sekitar meja tempat duduknya.
3. Apersepsi:
- Pada materi semester gasal,
kita telah memperlajari tentang keanekaragaman hayati yang salah satunya
adalah kekayaan flora.
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
20
|
Inti
|
1. Menyajikan Fenomena
|
§ Guru menyajikan video tentang hutan hujan tropis.
§ Guru menyajikan gambar jenis-jenis tumbuhan.
|
90
|
2. Melakukan Observasi
|
§ Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok.
§ Peserta didik mengamati gambar tumbuhan lumut dan tumbuhan paku melalui
LKS
§ Peserta didik ke luar kelas untuk mengamati jenis-jenis tumbuhan lumut
dan tumbuhan paku yang berada di lingkungan sekolah.
|
||
|
3. Merumuskan Masalah
|
§ Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
1) Apa saja jenis tumbuhan lumut dan paku yang berada di lingkungan sekolah?
2) Bagaimana hasil pengamatan tumbuhan lumut dan paku di lingkungan sekolah?
3) Identifikasilah hasil pengamatan tumbuhan lumut dan paku di lingkungan
sekolah.
|
|
4. Mengajukan Hipotesis
|
§ Peserta didik merumuskan hipotesis berdasarkan rumusan masalah, seperti:
-
Tumbuhan lumut yang berada di
sekitar sekolah yaitu jenis lumut daun, sedangkan tumbuhan paku yang berada
di sekitar sekolah yaitu jenis paku sejati.
-
Dari segi morfologinya,
tumbuhan lumut dengan tumbuhan paku berbeda.
|
||
5. Mengumpul-kan Data
|
§ Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatan tentang tumbuhan lumut dan
paku.
§ Peserta didik ditugaskan mempelajari tentang tumbuhan lumut dan tumbuhan
paku melalui buku bacaan atau sumber lain.
|
||
6. Menganalisis Data
|
§ Peserta didik menganalisis data hasil pengamatan tentang tumbuhan lumut
dan paku dan menulisnya di LKS
|
||
7. Menyimpulkan
|
§ Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tumbuhan lumut dan paku
ke depan kelas.
§ Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan tumbuhan lumut dan paku.
|
||
Penutup
|
|
1.
Mengulas kembali inti dari materi
tentang tumbuhan lumut dan paku.
2.
Refleksi berupa pemberian
soal evaluasi.
3.
Menemukan
nilai-nilai rasa syukur, teliti, dan komunikatif yang dapat diambil
dari aktivitas hari ini.
4.
Guru memberikan tugas kepada setiap
kelompok untuk membawa 3 macam bunga yang berbeda dan membaca materi
selanjutnya
|
25
|
F. Teknik Penilaian
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
III dan IV
|
·
Tes Tertulis
|
·
Lembar
diskusi
·
Lembar evaluasi
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Lembar
Observasi
|
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Lembar
Kerja Siswa
|
G. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media : Laptop dan Tumbuhan
2. Alat/Bahan : Lup (Kaca
pembesar), jenis tumbuhan lumut dan paku
3. Sumber : Irnaningtyas,
2014. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X
Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Indramayu,
Januari 2017
Guru
Pamong,
|
Mahasiswa
PPL,
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah .........
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Sempatkan berkomentar =)